Jumat, 09 November 2012

ITTIHADUL MUSLIMIN


S
Ekolah adalah suatu wadah manusia untuk menimba ilmu hingga menjadi tempat dasar mencapai cita-cita, dimana setiap insan mesti dan perlu membekali diri mereka kelak dimasa depan.
Seperti halnya pondok pesantren Ittihadul Muslimin yang berdiri sejak akhir abad ke-20, disana santri atau siswa siswinya dididik untuk mengerti moral, norma beserta wawasan yang dipersiapkan untuk hari tuanya nanti. Walaupun pondok pesantren yang berbesik agamis tetapi tetap saja diajarkan pengetahuan umum seperti halnya pada sekolah-sekolah lainnya. Pendidikan yang diterapkan di pon pes ittihad {sapan akrab} adalah pendidikan yang berdasarkan landasan agama yang berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Al-Hadist. Setiap santri dibekali pengetahun untuk menempuh jalan menuju surga dan juga dibekali ilmu menghadapi dunia, manusia hidup di dunia maka barang wajib kalau setiap insane harus dapat menghadapi hal yang mereka hadapi didepannya seperti dilatih mempersiapkan diri turun kemuka masyarakat. Kalau lah bekal untuk menuju surga itu sudah makanan sehari-hari seperti sholat berjamaah, baca Al-Qur’an dan bimbingan rohani di para ustad dan ustazah.
            Untuk jenjang pendidikan dipon pes ittihad ada dua MTsN dan MAN, ponpes ini pun codong pendidikannya kepada pon pes modern gontor. Mulai dari buku atau kitab kitabnya, kedisiplinan peratutan,dan gaya system pendidikannya. Disana pun mereka membagi kelasnya menjadi 6 kelas, kelas satu sama dengan kelas 1 MTs, kelas 4 sama dengan kelas 1 MA dan kelas 6 sama dengan kelas 3 MA. Dikelas 4 mereka mulai diajarkan untuk menjadi pengurus pondok. Sedangkan mereka yang duduk dikelas 5 menjadi ketua setiap bagian kepengurusan santri yang duduk dikelas ini pun mendapat kesempatan mengajar dikelas 1 & 2 disore hari, selesai dikelas 5 (lima) mereka mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir nasional, ujian hafalan, ujian praktek belajar mengajar di kelas 6. Dikelas 6 inilah mereka mulai merasa dag dig dug der menghadapi ujian praktek mengajar, mereka akan mengerahkan semua kemampuannya disamping skill, mentalpun jadi kunci penentu keberhasilan. UAN, ujian hafalan jadi kenomer akhir sesudah selesainya ujian praktek belajar mengajar, karena santri ittihad lebih cenderung kepada ujian yang disediakan pondok dari pada nasional sebab ujian pondok lebih menantang dan dianggap special bagi mereka.



Kepengurusan , pon pes ittiahd memiliki beberapa bagian seperti;
a.Ketua pondok
Yang bertugas mengatur semua anggota kepengurusan pondok.

b.Wakil 1 dan wakil 2
Bertugas membantu kinerja ketua.
c.Bagian Keaman
bertugas menjaga keamanan pondok. Dan bertugas membantu santri untuk belajar disiplin dari berangkat Sholat hingga berangkaat sekolah pun diperhatikan oleh keamanan
d.Bagian Bahasa
membantu pondok menerapkan pendidikan berbahasa, disiplin bahasa adalah makanan sehari-hari santri mulai dari bagun tidur hingga persiapan tidur lagi santri diwajibkan berbicara bahasa arab atau bahasa inggris.
Dan lain sebagainya


klik saya disini

Tidak ada komentar: