Kamis, 28 Juni 2012

Pernahkah anda memainkan game "Purble Place" bawaan windows 7?. dalam game ini ada sebuah mesin pencetak kue coklat, yang mampu mencetak bentuk coklat sesuai dengan pesanan pelanggannya. Mungkin game ini sewaktu dirancang hanya sebatas imajinasi dari pembuatnya.
Lihat screenshot game Purble Place di bawah:


Baru baru ini tim dari Universitas Exeter telah mengembangkan sebuah printer 3 dimensi yang bekerja mirip dengan Mesin yang ada pada game Purble Place. Printer ini mampu mencetak coklat sesuai dengan bentuk yang kita inginkan.



Prinsip kerja Printer 3D ini adalah dengan membangun lapisan (layer) yang berurut dari materi pembentuk [coklat]. Teknologi ini sudah digunakan dalam industri untuk memproduksi produk plastik dan logam tapi implementasi prinsip ini baru pertama kali diterapkan untuk cokelat.

Tantangan yang dihadapi untuk membuat kue coklat dengan printer 3D ini adalah sifat dari coklat itu sendiri. Coklat kurang tahan terhadap panas. Sehingga membutuhkan pemanasan yang akurat dan proses pendinginan yang cepat, agar cetakan yang dihasilkan sesuai dengan desain yang kita buat.



Di masa mendatang teknologi ini dapat digunakan oleh kita untuk merancang berbagai produk sendiri sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi kita. Bahkan teknologi semacam ini sangat memungkinkan orang untuk menghasilkan dan merancang produk lain seperti barang-barang perhiasan atau rumah tangga sendiri, seperti halnya kita dapat mencetak hasil ketikan kita dari Ms. Word sekarang. Bukan hal yang mustahil jika akhirnya kita dapat melihat produk yang ada dipasaran adalah hasil produksi dari individu, bukan industri besar. :D semoga

Referensi: Satu, Dua

Tidak ada komentar: