Selasa, 26 Juni 2012

Template Seluler (beta)

Setelah sekian lama para pengguna blogspot harus rela kehilangan pengunjung dari user mobile (baca: operamini) sebab mesin blogger yang digunakan kurang mobile friendly atau terlalu berat jika di buka lewat perangkat mobile. Akhirnya para pengguna blogspot ini dapat menikmati juga blog mobile seperti halnya temen-temen yang sudah menikmati duluan dengan wordpress mobilenya.

Fitur baru ini saya temukan di draf.blogger.com, kebetulan saya sendiri sedang menanti kehadiran fitur ini. Tampilan blog mobile kita disesuaikan dengan template yang saat ini sedang kita pakai. Ketika saya coba lewat notebook, terlihat tampilan klikedukasi seperti gambar di samping, keren juga yak??ada menu navigasinya, dilengkapi pula dengan fitur untuk kembali ke tampilan blog versi PC.

Bagi para blogger yang mau nyoba silahkan ajah masuk ke draf.blogger.com kemudian pilih menu pengaturan, selanjutnya ke bagian email & seluler. Pada bagian atas ada menu baru yang bernama Template Seluler (Beta) kemudian pilih opsi

Silahkan cicipi terlebih dahulu tampilannya denga klik tombol Pratinjau selular, setelah itu jangan lupa simpan setelan. Sekarang saatnya cek blog kita lewat HP. Jika anda beruntung maka blog anda akan segera tampil pada layar ponsel dengan tampilan versi mobile.

Akan tetapi pada kasus yang saya alami, meskipun pengaturan seperti di atas telah saya lakukan ternyata blog saya tak kunjung tampil dengan versi mobilenya. hmmmm sampai saat ini saya juga belum menemukan letak kesalahannya dimana. Mungkin karena masih dalam versi Beta, wajar rasanya kalau masih ditemukan banyak kesalahan. Ada temen sebelah malah di dashbor draf.blogger.com tidak ditemukan sama sekali fitur baru ini. Yang anehnya lagi ada seorang teman yang mencoba fitur ini dan berhasil, namun pada keesokan harinya tiba-tiba menu Template seluler (beta) ini tidak ditemukan lagi pada dashbor siempunya blog.

ha... ha ....ha ...sial bener.

Kembali pada kasus yang saya alami, ketika saya coba telusuri ternyata untuk dapat tampil dalam versi mobile (setelah pengaturan di atas kita lakukan tentunya) blog kita harus mampu merubah alamat URLnya atau istilah kerennya Redirect URL. Kalo gak mampuh gimana mas?? ya gak bisa berubah wujud donk..he he he..Mungkin disinilah letak permasalahannya.

Lantas Solusinya gimana??

Solusinya untuk sementara kita harus mau direpotkan dengan mengetik manual alamat URL redirect di address bar browser kita.

Trus URL redirectnya seperti apa?

Misalnya di blog saya ini, URL normalnya adalah http://www.klikedukasi.com nah jika kita rubah URLnya menjadi http://www.klikedukasi.com/?m=1 secara otomatis blog klikedukasi akan tampil sebagai versi mobile. Untuk kembali ke versi desktop bagaimana?? cukup ganti parameter 1 menjadi 0  contoh: http://www.klikedukasi.com/?m=0.

Ada gak seh teknik otomatisasi untuk perubahan parameter URL seperti di atas??

kebetulan saya bukan programer ya gak ngerti juga  :D

akan tetapi sementara ini saya sedang mencoba otomatisasi itu melalui javascript yang ditanam langsung di template blog utama dan hasilnya lumayan memuaskan, silahkan coba buka klikedukasi melalui HP anda. Seperti itulah tampilannya, lumayan keren juga, tapi kekurangannya tidak bisa tampil dengan versi desktop jika menggunakan perangkat seluler. he he..

Mungkin itu solusi sementara bagi yang mengalami trouble seperti saya. Ribet banget yak!!
Kalo gak pengen ribet mendinagan pergi ajah loh ke laut..hagk hagk hag...

Udah ah becandanya..mendingan kita berdoa aja yuk....
Semoga Template seluler khusus pengguna blogspot ini segera hadir versi FINALnya.
Semoga...

Mungkin temen2 punya solusi lain??


Regards,
klikedukasi.com

Tidak ada komentar: